10 Fakta Menyedihkan Tentang Internet

Internet adalah sebuah jaringan besar. Faktanya adalah tidak terlalu mencolok tapi internet kini telah menjadi bagian terpenting dari kehidupan kita. Ini adalah satu-satunya media di mana ratusan negara yang terhubung bersama-sama untuk pertukaran data, berita dan pendapat. Internet telah terbukti menjadi anugerah bagi dunia kita dalam beberapa cara. Jika di satu sisi memberikan kita sekelompok pengetahuan, maka di sisi lain juga membuat kita berubah. Seseorang yang benar-benar mengatakan “ketika internet berhenti bekerja selama 5 detik, begitu juga hatiku”. Kasus ini tidak terbatas pada beberapa hal saja. Dan ini adalah apa yang disebut dengan ‘kecanduan’.


Penggunaan yang berlebihan dari internet tidak sehat dan telah menjadi alasan utama di balik mengapa internet berbalik menjadi anugerah ‘kutukan’. Dalam banyak aspek kita harus menerima kedua sisi tersebut seperti dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Efek yang paling buruk terlihat pada remaja. Mereka menghabiskan waktu mereka di internet. Internet telah mengubah tren sosial. Orang-orang menolak persahabatan nyata dan lebih memilih untuk berhubungan cyber. Meskipun internet merupakan harta pengetahuan, juga memang memiliki banyak fakta menyedihkan. Berikut beberapa faktanya…

1. Terganggunya Privasi

Hacker-spyware-virus_zpse55e9f62

Hacking telah menjadi begitu mudah pada saat sekarang. Orang-orang dengan mudah hack/membobol rekening pribadi kamu dan menyalahgunakannya.
Semakin banyak kita menggunakan internet maka semakin tidak pedulinya kita terhadap privasi. Hacking memberikan kemudahan untuk beberapa orang untuk membocorkan informasi yang sangat rahasia begitu juga rahasia kamu. Jadi dalam banyak hal, itu mengganggu privasi kamu pastinya.

2. Kecanduan

shutterstock_95778295-600x400_zpse7cbc9f6

Meskipun internet adalah anugerah bagi dunia kita tetapi faktanya benar-benar mengatakan bahwa kelebihan apa pun itu berbahaya.
Sebuah studi telah menemukan bahwa kecanduan internet mengganggu jaringan saraf otak manusia. Orang-orang menghabiskan banyak waktu utnuk ‘online’ yang mengganggu kualitas hidup dalam banyak cara. Setelah obat dan alkohol, internet dapat dianggap sebagai hal yang paling adiktif. Anak-anak menghabiskan waktu sepanjang hari dan malam mereka dalam bermain game atau mengakses suatu situs jejaring sosial.

3. Cyber Bullying

cyberbullying_zps40dac546

Ketika kamu online maka ini langkah awal untuk dibulli. Cyber ​​bullying telah timbul menjadi fakta yang paling menyedihkan dan perhatian besar bagi pengguna internet.
Hal ini tidak terbatas pada anak-anak tetapi juga terlihat pada orang dewasa. Banyak orang berada di bawah depresi setiap hari karena dari fakta ini. Ini tidak lucu seperti remaja saat ini berpikir. Hal yang membuat orang tertawa membuat depresi lainnya. Saat ini hampir 90% dari remaja mengakses situs jejaring sosial seperti facebook, myspace, twitter dll dan disitu cyber bullying adalah salah satu risiko yang lebih besar.

4. Internet Menghancurkan Ingatan Kita

internet_addiction_zpsefd0b747

Faktanya adalah cukup mengejutkan tetapi otak manusia memiliki miliaran neuron dan kapasitas memori yang terbatas. Tapi apa, jika disimpan tidak terpakai.
Ya Dalam beberapa hal internet telah memberikan kemudahan kepada orang-orang untuk tidak mengingat hal-hal. Apapun yang muncul dalam pikiran mereka, mereka hanya klik dan menemukan.

5. Eksploitasi Seksual

Sexual-exploitation_zps5541a6d1

Hal ini sangat memalukan bagi budaya kita tetapi hal ini sangat sulit untuk dicegah.
Dengan munculnya internet secara besar-besaran, telah menjadi begitu mudah bagi seseorang untuk mendapatkan konten-konten seksual. Ada banyak orang atau kita sebut sebagai predator seksual di internet. Apa yang terjadi pada seseorang kadang-kadang sangat memalukan bahwa ia / dia bahkan tidak bisa berbagi dengan siapa pun. Hari demi hari telah menjadi alasan besar dan menimbulkan penyakit mental pada orang.

6. Hancurnya Moral Remaja

111646_620_zpsac9d498e

Media sosial menghancurkan hidup kita dan memberikan kontribusi untuk pembusukan moral pada manusia.
Keprihatinan bahkan didorong sebagai pemuda sekarang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di internet. Kadang-kadang rasanya cukup aneh tentang bagaimana nilai-nilai moral pada anak-anak dibentuk.

7. Internet Merusak Ejaan Kata Aslinya

Internet-is-killing-the-original-spellings_zpsa2b6350f

Bagaimana bahasa kita telah dirubah-ubah atau ‘dipelintir’? Dalam bagian komentar di internet, biasanya kita mengamati kata-kata seperti BDW, Wassup, Lolz dll.
Di satu sisi, di mana kita selalu berhati-hati menjaga diri kita dari kesalahan ejaan, di sisi lain kita adalah satu-satunya yang bertanggung jawab untuk perubahan besar dalam ejaan. Ejaan ini diterima bahkan samapai di kehidupan sosial yang nyata.

8. Memboroskan Waktu Hanya Untuk Berkomentar

huge-time-wastage-commenting_zps7493b461

Umumnya orang tidak menyadari saat menghabiskan berjam-jam untuk mengomentari sebuah komentar.
Komentar pada setiap posting atau foto kadang-kadang layak dibaca tapi kadang-kadang komentar tersebut cukup memalukan. Seiring dengan membuang-buang waktu orang biasanya menikmati untuk mengolok-olok sesuatu atau bullying kepada seseorang yang dapat membuat malu dan menekan orang lain.

9. Internet Telah Mengurangi Komunikasi Tatap Muka

Internet-has-reduced-face-to-face-communication_zpsf8b8b6cc

Dalam beberapa cara internet telah mengurangi orang untuk berkomunikasi tatap muka. Mereka menghabiskan seluruh waktu mereka untuk chatting dan messaging bukannya bertemu dan menikmati obrolan melalui tatap muka langsung.
Hal ini karena generasi saat ini kurang dalam mempertahankan hubungan. Dan hal-hal menjadi buruk ketika orang chating untuk waktu yang lama tanpa benar-benar mengenal satu sama lain. Duduk di depan laptop dan desktop tampak begitu menarik bagi mereka.

10. Pemborosan Waktu

wasting-time_zpsf04ccb18

Hampir setengah dari kita membuang-buang waktu yang berharga sekitar bersih untuk mengklik, situs jejaring sosial, game, merencanakan liburan atau obrolan yang panjang dan komentar.
Sayangnya remaja sangat menyukai hal-hal seperti ini. Sepanjang hari tampaknya mereka sangat membutuhkan hal demikian. Tidak diragukan lagi, Internet adalah harta pengetahuan tetapi pada saat yang sama, ia juga merupakan pencuri besar waktu.
Tapi apa mau dikata dunia internet telah berkembang luas. Sekarang kehidupan remaja seluruhnya terbuang untuk online. Dan akhirnya menjadi penyebab bagi remaja untuk merusak waktu yang berharga mereka.

Jadi kesimpulannya, perkembangan teknologi selain membawa hal positif pasti juga memunculkan dampak negatif…sangat sulit untuk mencegahnya tapi setidaknya kita bisa meminimalisir dampaknya…jika kita bisa lebih care tentunya 

sumber

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s