Kenali Kotoranmu Untuk Tubuh Yang Sehat

Yap, seperti judul diatas kali ini bahasa yang kami gunakan sedikit nggak enak untuk dibaca  (read:jorok) dan disarankan untuk yang sedang makan agar membaca thread ini setelah selesai makan.

Hola!

Kenapa tadi aku bilang jorok ? (Jangan ambigu dulu ya!) karena kali ini aku mau membahas tentag:

Tinja alias EEK alias SHIT 

Tinja itu bisa menjadi tanda-tanda kesehatan tubuh kita, terutama dari bentuk dan kepadatan tinja itu sendiri.

Jangan di sepelekan,  karena bisa berakibat fatal lho!

oke, intronya ngga usah panjang-panjang, let’s check this out:

  1. Bentuk EEK Seperti Kotoran Kambing

d21db364309f709d703cabe27baea469

Pernah liat kotoran kambing ?

Kotorannya kecil-kecil kayak kerikil keluar berantakan

Tinja yang seperti ini menandakan bahwa ada yang salah pada otot di perut dan dinding usus kamu.

Otot-otot pada dinding usus tegang, sehingga bentuk EEKnya seperti itu, bisa karena kurang olahraga, atau kurang magnesium.

banyaklah makan makanan yang mengandung magnesium,

seperti Bayam, Brokoli, Pisang.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium bisa membuat otot-otot dinding usus lebih relaks😉

2.   Banyak Potongan Makanan Pada EEK

fe1e47d45188ecc3a8575cc4942d0c50

 Pernah ngga kamu liat EEK kamu ada potongan makanannya? biasanya sih jagung, batang sayur (bisa juga kangkung/sawi) Kalo EEK kamu seperti ini, emang sih EEKnya keren jadi ada motifnya, wakakka..

Tapi itu tandanya, kamu waktu makan kurang banyak mengunyah makananmu.

Makanan yang berserat tinggi, kadang tidak diurai sempurna oleh lambung. Kinerja lambung jadi semakin keras untuk mencerna makanan-makanan tersebut.

Ada baiknya kamu mengunyah lebih banyak dari yang kamu lakukan biasanya, agar kinerja lambung bisa maksimal, dan nutrisi dari makanan tersebut dapat diserap sepenuhnya untuk nutrisi tubuh.

3.   EEK Berwarna Hitam

8e8470d2c82a2b17822887bea52963b9

Perhatikan warna EEKmu, apakah warnanya gelap/hampir hitam?

Kalo iya, mungkin karena kamu terlalu banyak makan bayam

atau suplemen zat besi.

EEK warna gelap juga bisa menjadi tanda sembelit.

Bahkan EEK berwarna gelap bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius, misalnya di lambung (penderita maag kronis).

Jadi saat darah melakukan perjalanan ke saluran pencernaan, besi dioksidasi sehingga menyebabkan kotoran berwarna gelap.

Sebaiknya jangan dirimehkan, jika kotoran agan menghitam, segeralah kunjungi dokter, inget gan, dokter, bukan ke dukun yah hihihi..

4.   EEK Berlendir

d75ea809ad1bfdb9e2e9343141509d48

 Lendir inilah yang paling susah dikenali waktu kita BAB, soalnya EEK langsung nyemplung ke air, lendirnya jadi tersamarkan.

EEK yang berlendir menandakan adanya peradangan membran di usus, membran di usus bernama membran Mukosa, membran ini bekerja untuk menghasilkan lendir, untuk memperlancar EEK waktu keluar, tapi dalam keadaan tubuh normal, lendir yang dihasilkan tidak akan sampai terlihat, atau jumlahnya sedikit.

5.   EEK Lengket di Jamban

31aef7ee9930f21f2d0823d064d186c4

Biasanya EEK gampang banget kepleset waktu masuk ke jamban. Tapi kadang juga ada EEK yang suka lengket di jamban,

meskipun uda disiram air berkali kali. Terus juga, EEKnya lebih bau dari biasanya, ya bisa dibilang bau BANGET.

Kalo kamu pernah ngalamin ini, itu adalah tanda adanya lemak di EEK kamu.

Apa penyebabnya? Mungkin empedu atau hati sedang bermasalah.

Solusinya, minum jus lemon/jeruk nipis panas setiap pagi bisa meringankan masalah ini.

6.   EEK Warna-Warni

8571ff7d8f32ae1393f01ee5544015a9

Kadang EEK warna Ijo, kadang Merah. Bukan warna-warni seperti pelangi lho!

EEK dengan warna cerah seperti itu menandakan pencernaan kita sehat.

Biasanya EEK warna ijo kalo abis makan Bayam, terus kalo EEK warna merah, biasanya setelah kita makan buah naga yang daging buahnya warna merah keunguan🙂.

Jadi jangan kaget kalo EEKnya jadi warna-warni😀

7.   EEK Panas alias HOT SHIT

6e4d1b9ba6928667b1e8d52b337616c9

Kalo EEK ini lewat, rasanya dubur kayak kebakar!

Ya iyalah, kamu makannya cabe mulu, jadi sisa-sisa fesesnya pedes juga dong😛

Hati-hati lho, terlalu sering makan pedas bisa menyebabkan sembelit dan wasir :S

8.   EEK Cair alias Mencret

41ca94c7adad30500112c82bb3cd0e66

EEK yang satu ini udah jelas-jelas pasti badan kamu udah ngga sehat lagi tentunya, bisa karena kena Diare, Masuk Angin, atau sakit Maag Akut.

Harus ke dokter lho!

9.   EEK Sehat

78ec172192360ef015af2b293a05ff1f

EEK yang sehat adalah eek yang berbentuk seperti pisang, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak.

Dan Frekuensi buang air besarnya normal, minim 2 hari sekali gan.

Meskipun kebanyak orang merasa buang air besar itu baiknya dilakukan

1-2 kali sehari.

Warna EEK yang sehat bervariasi antara cokelat kayu yang agak pucat hingga warnanya sepertinya perunggu.

INFO : EEK Mengambang atau Tenggelam

Di sungai-sungai di mana masyarakat menggunakannya untuk buang air besar, menemukan tinja di aliran sungai bukan hal mengejutkan.

Kadang ada EEK yang mengambang, tetapi ada juga yang tenggelam. Mengapa bisa demikian?

EEK yang mengambang menunjukkan si pemilik banyak mengasup makanan yang tinggi serat.

Serat ini mengundang bakteri baik sehingga mereka datang dan menciptakan gas.

Inilah yang memungkinkan EEK mengambang di air, dan ini merupakan jenis EEK yang baik.

Nah, jika EEK tenggelam, sebaiknya si pemilik banyak makan biji-bijian dan kacang-kacangan.

Selain itu perlu meningkatkan asupan buah dan sayur.

Test kesehatan eek kamu di-sini😉

f3c25da81882390d18c6ca15051db3b4

Masih kurang ? Ini, ciri-ciri EEK yang sehat:

177e0d9377358480b152e35faae255bd

Nah, gimana ? sejauh ini EEK kamu termasuk EEK yang sehat atau ngga ?? wkwkw… aku harap yang sehat ya🙂 maksud dan tujuanku disini bukan pingin jadi sok tahu ya, tapi aku ingin menciptakn generasi pelurus bangsa yang sehat wal afiat🙂 mudah-mudahan dangan adanya post ini kita lebih bisa menjaga diri agar lebih berhati-hati lagi dalam memilih-milih makanan, dan memiliki tubuh yang sehat!

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s