Cara Menyelamatkan Gadget yang Terendam Air !!!!!

Cara-Menyelamatkan-Ponsel-yang-Terendam-Banjir-Banner

Banjir yang sudah beberapa hari ini melanda ibukota banyak menimbulkan kerugian, salah satunya kerugian harta benda. Saat banjir tiba, kita seringkali lupa untuk menyelamatkan semua harta benda. Nah, kalau ponsel kamu adalah salah satu barang berhargamu yang menjadi korban banjir, silakan coba ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelamatkannya.

  • Setelah mengetahui bahwa ponselmu terendam banjir, angkat secepatnya. Jangan biarkan ponselmu terlalu lama di dalam genangan air. Jika ponsel masih menyala, tekan tombol off. Dan apabila ponsel dalam keadaan off, jangan nyalakan ponsel. Ponsel yang dalam posisi off akan meminimalkan potensi korsleting. Meskipun ponsel memiliki casing yang tertutup rapat, namun air bisa saja masuk melalui celah terkecil sekalipun.

  • Keringkan ponsel dengan menggunakan tisu atau kain yang lembut. Lalu lepas casing, baterai, kartu SIM dan kartu memori. Jangan gunakan hair dyer atau kipas angin untuk mengeringkan ponsel. Hal ini dapat mendorong kelembaban di celah-celah komponen ponsel. Jika hal ini terjadi tentunya akan menimbulkan korosi dan oksidasi.
  • Diamkan ponsel di bahan penyerap air. Kamu bisa menggunakan wadah kedap udara yang diisi silica gel. Tapi jika kamu tidak memiliki silica gel, gunakan beras sebagai pilihan alternatif. Rendam ponsel menggunakan bahan-bahan tersebut semalaman. Jika kira-kira ponsel sudah terlalu basah sebelumnya, kamu bisa merendam ponsel lebih lama dari satu malam.

  • Setelah kamu merendam ponselmu di dalam wadah kedap udara bersama silica gel atau beras selama satu malam atau lebih, angkat ponselmu dan pastikan bahwa ponsel benar-benar kering. Setelah kering, kamu bisa memasangkan kembali komponen ponsel yang sudah kamu lepas sebelumnya. Lalu coba nyalakan ponselmu. Apabila ponsel tidak menyala, coba charging ponsel tersebut. Namun jika charging tidak berhasil membuat ponselmu menyala kembali, kemungkinan besar ponselmu rusak dan harus dibawa ke teknisi untuk diperbaiki.

sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s